Membuat Template Blogger Sendiri, Why? Kenapa Digratiskan

Membuat Template Blogger Sendiri, Why? Kenapa Digratiskan

Ini adalah kali pertama saya membuat template sendiri dari nol, literally dari <?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?> sampai dengan closing tag </html>

Biasanya saya hanya "membeli" dari para developer template blogspot kemudian membuang beberapa script yang tidak diperluakan lalau pakai !

Karena seorang blogger aktif pastinya punya lebih dari 1 blog ya kaaaan :D

Tapi itu "dulu", sebelum saya sempat pause ngeblog di 2016

Di 2020 ini saya coba kembali lagi aktif ngeblog hanya saja "sebatas punya blog" dan tidak seagressive dulu

Buat Template Blogger Susah Payah Dibagiin Gratis

template-blogger-gratis

Iya, membuat template blogger bagi sebagian orang memang susah, bagi sebagian lagi "buatnya sih mudah tapi desainnya yang kadang butuh inspirasi lebih"

Bagi gsaya sendiri, membuat template itu biasa saja, tidak susah tidak juga gampang tapi beneran butuh passion

Awalnya memang saya membuat template ini tidak untuk publik, setelah saya pikir pikir lagi sepertinya lebih bermanfaat kalau dibagikan gratis siapa atau ada yang membutuhkan

Kenapa ngga dijual aja?

Hehe ndak deh, saya akan cari jalan lain kalau memang di kemudian hari ingin memonetize blog gurublogger 

Walaupun gratis, tapi ada syaratnya:

Jangan gunakan template buatan saya untuk hal yang Haram

Bila setuju maka silahkan pakai semau teman 2, its all yours

Jalan Pikiran Pembuat Template

Memahami jalan pikiran pembuatnya akan memudahkan teman teman mengaplikasikan template ini

Template ini saya buat sesuai dengan kriteria Web.dev :

  1. Performance
  2. Accessibility
  3. Best Practices
  4. SEO

Mungkin tidak ada artinya bagi teman teman yang kurang terbiasa dengan script editing dan optimasi seo

Saya akan ilustrasikan dengan contoh agar mudah dipahami

Silahkan install chrome plugin "accessibility inshigts for web"

accessibility-template

Setelah diinstal silahkan cek bagaimana kualitas acessibility blog milik teman2, bagaimana hasilnya? berapa error yang terjadi disana?

Ilustrasi diatas adalah bagaimana seorang developer template dan search engine melihat sebuah template

Template bagus itu bukan hanya template yang indah dilihat mata, namun juga disayang oleh google, jadi selalu ada harapan bersaing di rank 1 search engine

SEO AGGRESSIVE dikembangkan dengan dasar pemikian tersebut.

Gadget

Gadget paling powerful di blogspot menurut saya adalah HTML/Javascript, gadget ini tidak memiliki batas

Mau buat feature post tinggal buat scriptnya trus paste di gadget HTML/Javascript, mau buat iklan pun sama, mau memasukkan script peta, i frame facebook, tweet, dll

Kalau ada gadget html/ javascript lalu mengapa butuh yang lain?

Itulah pemikiran dibalik "kenapa gadget lain tidak dipercantik dan ditulis cssnya" (ingat, saya membuat template ini pada awalnya untuk dipakai pribadi)

Gadget Popular Post

Saya sudah pakai template gurublogger, kok tampilan popular postnya eror ya, css nya belum diperbaiki?

Ingat,awalnya template ini memang bukan untuk dibagikan....tapi coba kita bahas untung rugi penggunaan gadget gadget seperti ini dari sudut pandang si pembuat template

Atas gadget gadget yang kita pasang di sidebar --> akan memanggil javascript (kecuali gadget HTML diatas)

Efek yang langsung terlihat adalah speed blog akan menurun, semakin banyak gadget maka speed semakin menurun.... semakin speed blog menurun --> susah rank 1 google

Efek lain adalah mata mata dari blog sebelah, contoh:

Ketika blog kita semakin besar, semakin banyak kunjungan serta semakin dicintai oleh google, maka mata mata akan semakin banyak

Misi mereka yang paling kejam adalah "Lihat Amati Modifikasi"

Ketika kita menggunakan gadget popular post bawaan blogger maka "tamat lah kita", konten paling populer ada di urutan paling atas tidak usah susah payah riset untuk mencari tahu

Siap siap sebulan kemudian banyak yang membuat konten yang sama, kalau pelaku LAM (lihat amati modifikasi) memiliki Domain Authority dan Page Authority yang segede gaban --> Anda Tamat Kuadrat

Jadi buatlah versi popular post sendiri (konten konten yang butuh dipopulerkan taruh disana) dan sembunyikan konten konten yang sudah asli populer

Hal seperti ini memang nyata terjadi, kita tidak boleh hanya cuek dan tidak mau tau !!

Persaingan itu dimanapun sah dan legal, just be smart :D

Kesimpulan: Buat gadget sendiri menggunakan HTML, lebih ringan, lebih sesuai dengan kepribadian blog kita, dan lebih flexible (untuk yang tidak bisa harap tenang, nanti saya bagiin....tinggal copas aja script script ringan yang bagus untuk sidebar)

Homepage Dibuat Static

Pernah merasa pingin postingannya selalu ada di homepage tanpa harus hilang ke halaman kedua?

Caranya mudah, set tanggal post nya mundur sebelum tanggal di postingan yang tidak ingin tenggelam

Kalau postingan terakhir diterbitkan tanggal 1 januari 2016 maka postingan baru set tanggalnya di 31 Desember 2015

Kalau sudah di tahun 2021 masa saya postingnya masih di seputaran 2015 bos?

Nha itu...

Definisi blog adalah website yang postingan terbarunya berada paling atas, jadi postingan sebelumnya pasti tenggelam, itulah BLOG

Dulu tidak banyak blogger blog yang menggunakan halaman static di homepage, tidak tau kalau sekarang

Kelebihan penggunaan homepage static adalah dalam menyuguhkan "kue kue ter enak blog" kepada para pengunjung

Artikel menarik buatkan snippetnya di homepage, yang tidak menarik biar ngga kelihatan ngga papa, biar trafficnya dari organic search, dll

Kalau pingin punya online store yang langsung connect whatsapp gimana?

Tinggal ganti snippet static dengan link wa/me dan berikan gambar produk yang menarik....selesai

Itulah beberapa alasan mengapa saya membuat tampilan home di template SEO AGGRESSIVE menggunakan static view,

Agar kita mudah mengatur visitor flow sesuai keinginan, dan tentunya speed lebih kencang karena static pagenya murni hanya html dan css tanpa javascript.

Saya mengucapkan terimakasih dan semoga teman teman terbantu dengan adanya template Blogger SEO Aggressive

Di kemudian hari bila Allah mengijinkan akan selalu saya buatkan updatenya, doakan saya ya !!

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !
  1. Ada rasa kepengen punya template pribadi yang dimulai dari 0 sampai < / html >, tapi apalah daya itu baru sebatas kepengen doang kwkwk. Semoga diwaktu yang akan datang, saya bisa benar-benar membuat template sendiri. Thanks om sudah sharing dan nambah semangat. Sukses selalu dunia dan akhirat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEO Aggressive aja om diedit, dikasih nama sendiri

      Template ini murni free kok, termasuk boleh di rename dan dijual atau diapain ajah

      saratnya kan cuma 1 (ngga dipake bwat yg haram haram ) :D

      Hapus