Mengaktifkan Javascript Default Pada Blogger / Blogspot

Mengaktifkan Javascript Default Pada Blogger / Blogspot

Javascript pada blogger / blogspot memang kadang membuat speed website menjadi lambat.


Dan sayangnya, kita tidak memiliki kontrol penuh terhadap masing masing javascript.

Kita dihadapkan pada bundling, ketika kita aktifkan javascript maka semuanya langsung jalan, itulah penyebabnya !!

Javascript Default Pada Template Blogger

Satu hal yang pasti pada template blogger adalah, bahwa kita diberi hak untuk mematikan keseluruhan bundle javascript default blogger, bagi teman teman yang sudah expert silahkan dikendalikan sesuka hatinya apakah tetap mau dinyalakan atau dimatikan.

Secara default, template SEO Aggressive kondisi javascriptnya adalah true (hidup) bila suatu saat template blog mengalami penurunan performa, teman teman bisa coba mematikan default js blogger.


Bagi para blogger pemula saya sarankan untuk tetap dinyalakan, pastikan kondisi js = true :

1. Edit Theme HTML

mematikan-javascript-default-blogger

2. Ganti b:js='false' menjadi b:js='true'

mematikan-javascript-default-blogger

Javascript tersebut menjalankan beberapa perintah yang bila tidak diaktifkan membuat kita agak kebingungan krn beberapa menu sepertinya tidak aktif.

Beberapa diantaranya adalah menu menu pada layout dan comment :

Menu menu didalam layout tidak aktif

javascript-default-blogger

Tombol Balas Tidak Aktif

javascript-default-blogspot

Saya pribadi lebih suka mematikan javascript default tersebut (tidak di rekomendasikan untuk blogger pemula).

Alasannya simple, karena saya tidak membutuhkan beberapa script untuk running dibalik pengawasan saya (running in a background) yang terkadang memperlambat blog.

Saya hidupkan bila butuh merubah sesuatu di theme kemudian saya matikan lagi, kecuali untuk blog ini' karena di blog ini saya menggunakan blogger comment.

Khusus blog gurublogger.id default js nya selalu hidup agar teman2 tetap bisa berkomentar

Anyway, performa blog di mata web.dev dan google lighthouse sudah amazing ... siapa takut :D

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !
  1. nah intinya kalau masih edit template mau ubah link menu navigasi dan lain lain atau mau tambah link di widget js nya di buat true / aktifkan dan kalau sudah buat false kembali sebab kalau di biarkan true itu reposn page speeb turun jadi 85% nah kalau sudah edit nya kelar buat false dan tes lagi naik lagi speed page nya ke 95%++

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nha ini, makasih gan dah bantu jelasin :D

      Mas cemplon sibuk ngapain lagi nih, lagi padet padetnya belum sempet ngepoin peneliti online lagi hehe

      Hapus