Membuat Judul Artikel Menarik dan SEO Friendly (Terbukti)

Membuat Judul Artikel Menarik dan SEO Friendly (Terbukti)

Membuat judul artikel terhitung gampang gampang susah, kebanyakan mengikuti tips justru membingungkan, tidak mau ikutan akhirnya blog kurang kunjungan

Satu hal yang sudah jelas adalah "Salah Membuat Judul Artikel Sama Saja Bunuh Diri"

Dalam kesempatan kali ini gurublogger akan mengulas bagaimana cara membuat judul artikel yang menarik namun tetap SEO Friendly.

Memang Penting? 

Banyak blogger diluar sana yang sudah membangun blognya dengan sepenuh hati selama bertahun tahun namun sulit berkembang hanya karena kesalahan menerapkan title tag (salah membuat judul)...mau kayak gitu? cara-membuat-judul-artikel-yang-menarik

Syarat wajib dalam membuat judul artikel blog sebenarnya hanya 2 kriteria yaitu:  

  1. Judul harus menarik sehingga pembaca tertarik untuk membaca artikel yang kita tulis, dan
  2. Judul harus dapat dimengerti oleh search engine (SEO Friendly)

Selesai, Tamat

murid: Ada berapa cara? bagaimana caranya? gurublogger: Mungkin gurublogger tidak akan ikut ikutan menyebutkan 10 cara, atau 100 cara, karena ada seribu cara ke roma

gurublogger hanya akan menunjukkan 2 jalan yang sesuai dengan kriteria yang telah gurublogger sebutkan....caranya silahkan pilih masing masing.

Judul Artikel Yang SEO Friendly

Membuat judul artikel blog / website haruslah dapat dimengerti oleh search engine, bagi saya itu diakhiri dengan "titik", tidak bisa dinegosiasikan.

Beberapa blogger menyebutkan bahwa dalam menulis judul agar jangan menulis judul untuk mesin, tulislah judul untuk manusia.

Untuk membuktikan apakah kata kata itu jujur atau tidak caranya cukup mudah, ambil 3 atau 4 kata dari judul artikel di blognya. Selanjutnya silahkan paste 3 atau 4 kata tadi ke google keyword planner,

Teman teman akan mengerti bahwa judul yang digunakan adalah Keyword dan terbukti bahwa tipsnya untuk jangan menulis judul untuk mesin hanya omong kosong belaka.

Mungkin maksudnya adalah untuk tidak memaksakan membuat judul yang keyword stuffing Yang tidak enak dibaca dan terdengar sebagai sebuah kalimat yang dipaksakan.

Menerjemahkan dengan salah akan membuat pembaca salah mengerti dan akhirnya pesan tidak dapat tersampaikan dengan tepat.

Seperti gurublogger telah sebutkan sebelumnya, seni memilih judul adalah "harus dimengerti oleh search engine" dan juga "terdengar enak di telinga kita"

Dalam 7 important keyword targeting elements (tempat paling penting untuk meletakkan keyword), 

Moz mendeskripsikan bahwa lokasi strategis dan terbaik adalah pada judul artikel (Title Tag).

SEO (Search Engine Optimization) adalah sesuatu yang cukup kompleks, membuat judul yang baik adalah suatu hal.

Hal hal lain seperti konten, panjang tulisan, backlink, social sharing, page authority, domain authority dll juga harus dioptimasi

Tujuannya adalah agar artikel kita mampu bersaing di halaman pertama sgoogle.

Terkait pentingnya sebuah "judul yang baik", guru blogger akan tunjukkan mengapa hal itu memang benar benar penting

Dalam contoh kali ini kita akan menggunakan keyword "harga paket internet" sebagai contoh riset kita

catatan: Di gurublogger.id kita berpantang untuk "hanya sekedar omong kosong" jadi kita akan selalu menggunakan contoh kasus

Judul Artikel Terlihat di Search Engine

cara-membuat-judul-blog-menarikSalah satu alasan mengapa kita melakukan optimasi judul adalah karena judul tampak di search engine.

Yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana google menampilkan judul artikel kita di internet

Apakah sudah sesuai dengan keinginan? Apakah Komunikatif? atau terpotong dan diganti dengan tiga titik? dll

Percaya atau tidak ada aturan tidak tertulis terkait bagaimana cara membuat judul artikel agar tetap SEO Friendly:

Panjang Judul Maksimal 60 Karakter

judul-maksimal-60-karakter

Panjang judul artikel yang SEO friendly maksimal adalah 60 karakter

Angka 60 ini sebenarnya adalah perkiraan jumlah karakter yang mampu ditampung oleh lebar elemen mesin pencari yaitu 600 pixel.

Setiap karakter memiliki lebar yang berbeda, l dan i berbanding terbalik dengan W dan M.

Google mampu menampung jumlah huruf yang lebih banyak bila judul menggunakan huruf huruf tipis dan hanya menampung sedikit karakter bila terlalu banyak menggunakan huruf yang lebar.

Judul artikel yang terlalu panjang (lebih dari 60 karakter) nantinya akan dipotong secara otomatis dan diganti dengan tiga titik agar tetap sesuai dengan lebar elemen (perhatikan contoh gambar diatas)

Menggunakan Keyword

Keyword atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai "kata kunci" adalah, kata kata yang diketik oleh netizen ketika mencari sesuatu di internet.

Berfikir tentang kata kunci artinya kita menempatkan diri kita sebagai orang yang mencari informasi di internet (kira kira apa yang akan kita ketik).

Daftar keyword bisa di lihat dalam aplikasi google bernama google keyword planner, yang bisa teman teman buka bila sudah terdaftar dalam google Adword.

Bila judul artikel kita relevan dengan isi konten, keyword ditampilkan di dalam judul, serta rangkaian katanya tetap terdengar indah di telinga, ya apa salahnya?

Kembali pada contoh gambar diatas, pencarian dengan kata kunci harga paket internet, Top 3 website yang tampil adalah webiste yang menggunakan kata kunci didalam judulnya.

Yang perlu diperhatikan terkait tata letak keyword didalam judul artikel adalah
  1. Keyword diletakkan di sebelah kiri (mulai kata pertama, kedua atau maksimal ke tiga)
  2. Keyword juga ada didalam deskripsi (lihat kata yang dicetak tebal dibawah judul dalam contoh diatas).

Judul Terlihat Pada Browser

judul-artikel-blog-di-browser

Hal kedua setelah keyword yang perlu diperhatikan adalah bahwa "Judul artikel yang kita pilih nantinya akan terlihat di tab browser"

Fungsinya adalah untuk memudahkan pegguna browser berpindah antar tab yang aktif ke background tab yang sedang non aktif.

Memilih judul artikel yang tepat akan memudahkan pengunjung untuk bernavigasi antar tabs.

Judul Terlihat di Medsos

judul-artikel-blog-di-media-sosialKetika link website kita di share melalui media sosial entah itu facebook, instagram, twitter maupun whatsapp, secara otomatis akan diperlihatkan snippet preview.

Dalam snippet preview terpampang jelas judul artikel, oleh karena itu sangat penting bagi kita melakukan optimasi title tag agar tetap sesuai untuk semua medsos.

Untuk teman teman yang belum pernah melakukan optimasi bisa dicoba melihat preview tampilan website di facebook developers.facebook.com/tools/debug/

Untuk medsos lain juga menyediakan preview, bisa langsung kunjungi developer site untuk medsos yang bersangkutan.

Judul Artikel Yang Menarik (Human)

Teman teman sudah mengerti kriteria judul artikel yang baik menurut SEO, 

Hal lain yang perlu dipahami adalah bagaimana sebuah judul itu menarik minat pembaca agar melakukan klik

Berikut ini adalah syarat minimal membuat judul untuk "Manusia" :

Harus Jujur dan Sesuai dengan Isi

Kenapa harus jujur, jawaban pertama adalah berbohong itu dosa !! orang berdosa akan dihukum !!

Dalam dunia webmaster hal ini berkaitan erat dengan bounce rate (lihat di google analytic).

Bounce rate artinya setelah masuk beberapa detik kemudian screening isi artikel kemudian menutup web karena isinya tidak sesuai dengan judul.

Semakin tinggi tingkat bounce rate, maka website kita akan tenggelam karena google tau bahwa kita sedang melakukan kecurangan yaitu "judul yang wah tidak sesuai dengan isi"bounce-rate

Sudah mulai berfikir dua kali tentang judul artikel yang sifatnya klick bait? bagus.... kita sudah berada di jalur yang benar.

murid: Trus kenapa saya kok sering ketemu pak guru?

guru: Palingan dari medsos, temen yang share ya kan?

>murid: Oh iya

guru: Dan biasanya dari situs news kayak tribun, kompas, detik... ya kan?

murid: Wah iya...

gurublogger: Terkadang perusahaan besar utamanya situs news mengindahkan bounce rate karena mereka mungkin tidak berkepentingan akan hal itu

Mayoritas pengunjung mereka adalah direct visitor bukan organic visitor dari search engine

Untuk website kecil dengan anggaran terbatas dan mayoritas trafficnya adalah dari google, menggunkana judul klick bait sangat beresiko.

Menggunakan Angka Emas

Posisi pengunaan angka ajaib yang satu ini menurut gurublogger agak di tengah tengah antara klick bait dan tidak.

Sangat menggoda dan menggelitik rasa ingin melakukan klick walaupun kita tahu mungkin hasilnya tidak seperti yang kita harapkan.

Yang harus teman teman sadari saat menggunakan kata emas adalah bahwa:

  1. Angka emas tidak bisa selalu kita gunakan, terbatas pada topik tertentu seperti tips dan how to. 
  2. Pembaca yang ditarget biasanya adalah pendatang baru dalam topik tersebut. (blogger baru trus dapat judul 10 cara membuat blog yang menghasilkan 30 Juta sebulan, hal hal seperti itu). Blogger lama biasanya sudat tidak mempan karena mereka sudah tau bahwa "Kerja Keras" = "Hasil"

Harus diakui, suka atau tidak penggunaan angka emas ini memang cukup lumayan menarik pengunjung blog, dengan syarat bahwa itu digunakan secara tepat.

Membuat Judul Artikel

Kalau ditanya bagaimana saya membuat judul dari setiap artikel di blog ini, maka beginilah saya melakukannya :

  1. Punya topik >> Riset keyword
  2. Kalau layak dan pantas untuk dibuat artikelnya maka saya mulai buat >> Paling cepat 1 hari, kalau butuh riset biasanya 3 sampai 7 hari (kan ada kerjaan kantor, istrirahat, tunggu mood, main dengan si kecil, dll)
  3. Buat judulnya dengan hitungan 60 - keyword = kurang lebih sisa 20 huruf
  4. 20 huruf terakhir biasanya saya pilih kata kata yang biasa saja dan tidak terlalu wah, karena saya memang menarget audience realis (orang orang yang realistis dan biasa saja seperti pribadi saya).
  5. Dan bila saya menarget long tail keyword biasanya saya hanya menggunakan keyword sebagai judul (karena kalau ditambahin takutnya lebih dari 60 karakter).
  6. Selesai

Tips:

Untuk menghitung keyword mohon jangan dihitung secara manual, gunakan formula microsoft excel sebagai berikut:

  1. Paste judul artikel di pojok paling kiri atas microsoft excel ( cell A1)
  2. Kemudian pilih cell dimana saja teman teman tulis formula ini: = LEN(A1) maka jumlah karakter yang digunakan akan diperlihatkan

Closing Statement:

Saya tidak memiliki 10, 20, atau bahkan 30 tips cara membuat judul artikel yang menarik untuk dibagikan kepada teman teman semua

Karena pada dasarnya "JUDUL ARTIKEL" sudah ada di kepala teman teman pada saat teman teman membuat sebuah artikel.

Strategy bisa berbeda beda sesuai situasi, kondisi, dan target audience, yang terpenting bagi saya adalah bagaimana teman mengerti dan paham "cara manusia melihat judul artikel" dan juga "bagaimana search engine melihatnya"

Negara kita dibangun dengan kompromi....begitupun judul artikel

Selamat belajar ...

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !